IMG-LOGO
Home Artikel Optimis, Kepala Desa Telagawaru, Sasar Ekonomi Digital

Optimis, Kepala Desa Telagawaru, Sasar Ekonomi Digital

by superadmin - 26 September 52 Views
IMG

Labuapi Lombok Barat - Desa Telagawaru, Kecamatan labuapi, Lombok Barat secara ekonomi punya potensi. Disini yang terkenal yakni usaha rumahan (home industry) masyarakat berupa UKM penyediaan krupuk yang sudah lama menjadi usaha masyarakat secara turun-temurun. Kecuali itu di Desa yang berbatasan di sebelah timur dengan Desa Bagik Polak Barat dan di sebelah barat dengan Desa karang Bongkot juga punya usaha rumahan warga lainnya berupa roti yang terkenal akan citarasanya dibanding dengan usaha-usaha serupa lainnya. Bahkan produksi roti Telagawaru terdistribusi pesanannya se Pulau Lombok, Bali hingga Pulau Sumbawa.

Kepala Desa Telagawaru H Hotamalloh menyebutkan, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui berbagai peluang usaha berbasis kearifan local seperti pembuatan kerupuk, pedagang bakulan, hasil kerajinan dan lain sebagainya akan menjadi perhatian khusus Kepala Desa dengan latar belakang Pondok Pesantren ini.

Ia menambahkan, selama setahun kepemimpinannya H Hotaman selama ini berupaya memberdayakan ekonomi masyarakat melalui wadah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Di Lembaga ekonomi desa ini pihaknya sudah menginisiasinya dengan memfungsikan Bumdes untuk penyediaan barang-barang sembako, penyediaan bahan-bahan untuk pembuatan krupuk dan kebutuhan pokok lainnya.

“Ke depan juga kita akan memberdayakan para pemuda yang ada di desa dengan usaha-usaha produktif berbasis online. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang saat ini berkembang begitu cepat berbasis online,”  ujar Kades Hotalloh.

Menyinggung tentang Lomba Desa,  Hotaman masih oftimis bisa memperoleh hasil maksimal (juara, red), meski dalam catatan lomba sebelumnya, Telagawaru tidak terlalu diperhitungkan. “Yang diperhitungkan  untuk lomba- desa biasanya dari desa-desa di Kecamatan Narmada dan Lingsar,” ujar Hotaman .

Meski demikian Hotaman tidak pesimis, ia bahkan memiliki target selama kepemimpinannya, Desa telagawaru akan mampu mengikuti lomba desa se Kabupaten Lombok Barat menyaingi desa-desa lainnya yang selama ini menjadi langganan juara.

“Tunggu saja, Insya Alloh kerjasama, kebersamaan dan dukungan masyarakat akan mampu menghantarkan desa tercinta kita bisa meraih yang terbaik,” ujarnya. (rhs/hern)