IMG-LOGO
Home Artikel Kades Rencakan Pasar Sore Telagawaru Jadi Sumber Pad

Kades Rencakan Pasar Sore Telagawaru Jadi Sumber Pad

by superadmin - 26 September 44 Views
IMG

Telagawaru, (22/02/2019)- Salah satu sumber yang bisa jadi Pendapatan Asli Desa (PAD) adalah pasar sore desa telagawaru, yakni Perparkiran dan Pungutan (dudokan) dari warga luar yang berdagang di pasar ini. selama ini pasar sore Telagawau belum pernah di jadikan PAD, pasar sore ini merupakan pasar yang berlokasi sangat strategis dan ramai dikunjungi berbelanja kebutuhan dapu. namun saat ini, di pasar desa telagawaru tidak hanya pedagang yang menjual kebutuhan dapur, namun ada juga yang menyewa tempat untuk menjual pakaian dan sebagainya. pedagang yang berjualan di pasar ini bukan hanya dari warga desa setempat, namun pedagang juga berasal dari desa tetangga.

Dikarenakan pasar desa ini buka tiap sore, tidak heran para ibu-ibu yang datang ketempat ini selalu ramai dikunjungi baik dari warga setempat bahkan dari desa lain, yang paginya tidak sempat berbelanja kebutuhan dapur.

Dari segi tempat pasar desa telagawaru sangat strategis dan banyak peminat warga dari desa lain untuk menjual dagangannya bahkan dari perusahaan pameran motor untuk memperkenalkan produk-produknya. namun dari luas tempat masih terbilang sangat kecil. karnanya perlu penataan. sehingga, para pedagang tidak memakan bahu jalan gang dan mengganggu masyarakat yang melewati gang tersebut, karna masih adanya pedagang yang menjajankan dagangannya di bahu jalan gang. perlu peran serta pemerintah desa dan kabupaten agar pasar ini bisa menjadi penopang perekonomian masyarakat desa telagawaru khusunya dan masyarakat lombok barat umumnya.

Kepala Desa Telagawaru H.Hotaman menjelaskan ” Pasar desa telagawaru perlu dibenahi dan ditata, baik dari segi tata ruang maupun administrasi pendapatan pasar , agar segala keuangan yang masuk bisa dikelola oleh desa dan nantinya dana yang masuk akan di catata dan bisa digunakan untuk menambah anggaran kegiatan yang ingin dilakukan oleh masyarakat desa telagawaru , dan sekaligus menjadi sumber PAD Desa Telagawaru”. hal ini dikatakan pada musyawah Dusun (MusDus) tingkat RT, yakni RT 01 dan RT 02 Dusun Telagawaru di Masjid Assasuttaqwa Telagawaru, Jum’at (22/02/2019), dihadapan peserta musyawarah.

Kepala desa telagawaru juga merencanakan pasar desa telagawaru akan diatur agar terlihat lebih bersih dan rapi.

Pernyataan Kepala desa ditanggapi positif oleh peserta musyawarah dan pengelola pasar serta pengelola perparkiran pasar.

Semula hasil parkiran pasar Desa Telagawaru disetorkan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat, namun kepala desa merencanakan akan menjadikan penghasilan parkir dan pungutan menjadi PAD desa telagawaru dan akan di kelola oleh desa dengan persentase tanpa merugikan para pengelola pasar dan perparkiran pasar. .(Rh/MD)